Cara Membaca Mikrometer Sekrup Agar Tidak Salah

Cara Membaca Mikrometer Sekrup Agar Tidak Salah

Cara Membaca Mikrometer Sekrup Agar Tidak Salah

Mikrometer Sekrup

Alat Ukur – Micrometer sekrup merupakan sebuah alat ukur yang digunakan untuk melihat dan mengukur benda dengan satuan ukur yang memiliki tingkat ketelitian hingga 0.01 mm. Alat ukur ini biasanya digunakan untuk mengukur ketebalan secara tepat dari blok dan garis batang slot. Secara umum terdapat 3 jenis pengelompokan micrometer yang didasarkan pada aplikasi, diantaranya adalah micrometer luar, micrometer dalam dan micrometer kedalaman. Dimana masing-masing jenisnya memiliki fungsi dan tujuan penggunaan yang berbeda-beda.

Sebagai salah satu alat ukur yang banyak dibutuhkan, tentu bukan hal sulit untuk menemukan aneka jenis micrometer skrup ini. Karena saat ini memang ada banyak sekali toko yang menjual aneka jenis mkrometer skrup. Bahkan untuk menemukannya Anda tidak perlu lagi bersusah payah mengunjungi alamat mereka, karena pembelian micrometer skrup ini juga bisa dilakukan secara online yang tentu saja lebih mudah dan praktis.

Adapun cara menggunakan micrometer sekrup sendiri sangatlah mudah dan sederhana. Meski demikian banyak orang yang beranggapan bahwa menggunakan alat ukur ini adalah pekerjaan yang sangat sulit. Nah, bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membaca mikrometer sekrup, berikut ini adalah panduan yang bisa Anda ikuti:

  1. Ketelitian mikrometer skrup atau skala terkecil mikrometer sekrup adalah seperseribu centimeter atau 0,001 cm atau 0,01 mm. Misalkan dari sebuah pengukuran yang dilakukan diperoleh nilai tebal sebuah keping uang logam adalah 3,25 mm. Maka penyajian atau pelaporan data dari tebal keping uang logam tadi adalah (3,25 ± 0,005) mm.
  2. Untuk mengetahui hasil pengukuran, maka pertama-tama Anda harus menemukan angka pada skala utama.
  3. Lanjutkan dengan mencari angka pada selubung luar yang berhimpit.
  4. Kemudian Jumlahkan kedua angka yang diperoleh tersebut.

Dengan cara menggunakan micrometer skrup yang benar dan juga pembacaan hasil pengukuran yang tepat, tentu saja akan memberikan hasil pengukuran yang kurat. Karena itu sebelum melakukan pengukuran dengan menggunakan micrometer skrup, terlebih dahulu pastikan bahwa Anda sudah menguasai penggunaan dan juga cara membaca mikrometer sekrup.

jika anda membutuhkan Mikrometer Sekrup Kunjungi Tokootomotif yang Jual Mikrometer Sekrup