Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Cara Membaca Mikrometer Sekrup - Alat Ukur Otomotif

Mikrometer Sekrup

Alat Ukur Otomotif Micrometer sekrup merupakan sebuah alat ukur yang digunakan untuk melihat dan mengukur benda dengan satuan ukur yang memiliki tingkat ketelitian hingga 0.01 mm. Alat ukur ini biasanya digunakan untuk mengukur ketebalan secara tepat dari blok dan garis batang slot. Secara umum terdapat 3 jenis pengelompokan micrometer yang didasarkan pada aplikasi, diantaranya adalah micrometer luar, micrometer dalam dan micrometer kedalaman. Masing-masing jenis micrometer ini memiliki fungsi dan tujuan penggunaan yang berbeda-beda. Karena itu dalam penggunaannya Anda harus tepat dalam memilih jenis micrometer dan juga dalam menggunakannya agar bisa diperoleh hasil perhitungan yang akurat.

Adapun cara menggunakan micrometer sekrup memang tidak mudah, selain dibutuhkan kecakapan dalam menggunakan alat ukur ini, Anda juga harus cermat dan teliti dalam melakukan pengukuran. Ketelitian mikrometer skrup atau skala terkecil mikrometer sekrup adalah seperseribu centimeter. Misalkan dari sebuah pengukuran yang dilakukan diperoleh nilai tebal sebuah keping uang logam adalah 3,25 mm. Maka penyajian atau pelaporan data dari tebal keping uang logam tadi adalah (3,25 ± 0,005) mm.  nah, bagi Anda yang masih bingung menggunakan micrometer skrup, berikut ini adalah panduan yang bisa Anda ikuti:

  1. Untuk mengetahui hasil pengukuran dari benda kerja menggunakan micrometer skrup, maka pertama-tama Anda harus menemukan angka pada skala utama.
  2. Kemudian mencari angka pada selubung luar yang berhimpit.
  3. Dan terakhir adalah menjumlahkan kedua angka yang diperoleh tersebut sebagai hasil akhir dari pengukuran benda kerja.

Ketika Anda  menggunakan micrometer skrup yang benar dan juga pembacaan hasil pengukuran yang tepat, maka hasil perhitungan yang ditemukan adalah nilai yang akurat. Selain cara menggunakan, hal penting lain yang harus dikuasai dalam penggunaan micrometer sekrup ini adalah cara membaca hasil perhitungan. Banyak orang yang mengalami kekeliruan atau salah dalam membaca hasil. Jadi meski cara menggunakannya benar, namun cara membaca micrometer skrup tidak benar, maka hasil perhitungan yang didpat pun tidak akan akurat.