Cara Menggunakan Dial Indikator

Cara Menggunakan Dial Indikator

Cara Menggunakan Dial Indikator

Dial Indikator

Alat Ukur Otomotif – Dial indikator merupakan sebuah alat ukur dengan skala pengukuran yang sangat kecil. alau ukur yang disebut dengan istilah dial gauge ini tidak dapat berdiri sendiri, dimana alam penggunaannya, alat ini harus dipasangkan dengan alat bantu yang disebut magnetic base sebagai pemegang dan berfungsi untuk mengatur posisi dari dial gauge seperti tinggi-rendahnya dan kemiringannya pada tempat atau permukaan benda yang akan diukur. Secara umum, fungsi dial indikator alat ukur dial indicator ini adalah untuk mengukur kerataan permukaan bidang datar, mengukur kerataan permukaan, kebulatan sebuah poros dan mengukur kerataan permukaan dinding Cylinder.

Banyak orang beranggapan bahwa menggunakan alat ukur dial indicator adalah sulit dan rumit. Namun jika  Cara menggunakan dial indikator sendiri sebenarnya tidak sesulit, berikut ini adalah panduan cara menggunakan dial gauge:

  1. Pertama-tama pasang contact point pada dial indikator
  2. Kemudian pasang dial indicator pada standnya
  3. Tempelkan contact point pada objek atau benda kerja yang akan diukur
  4. Kendorkan screw pengikat pada skala dan posisikan angka nol sejajar dengan jarum penunjuk. Setelah itu kencangkan kembali screw pengikat
  5. Gerakkan benda kerja sesuai dengan kebutuhan
  6. Dan terakhir baca nilai penyimpangan jarum penunjuk pada skala

Cara menggunakan dial indikator yang benar dan pembacaan hasil pengukuran yang tepat akan membantu Anda untuk menemukan skala atau ukuran benda kerja yang akurat. Karena itu sebelum terjun ke lapangan dan melakukan pengukuran sangat penting untuk Anda terlebih dahulu mengetahui bagaimana cara mengukur dengan dial indikator yang benar dan bagaimana membaca hasil pengukuran yang tepat.

Hasil pengukuran yang akurat juga dipengaruhi oleh kualitas dari alat ukur dial indikator yang digunakan. Karena itu pastikan untuk Anda hanya memilih dial indikator yang bagus agar hasil kerja yang didapatkan juga bagus dan memuaskan. Untuk mendapatkan dial indikator terbaik dengan penawaran harga yang bersaing, Anda bisa menemukannya di toko jual dial indicator perkakas baik secara online maupun konvensional.