Fungsi Dial Indikator Di Pekerjaan Permesinan

Fungsi Dial Indikator Di Pekerjaan Permesinan

Fungsi Dial Indikator Di Pekerjaan Permesinan

Dial Indikator

Alat Ukur – Dial indikator atau disebut juga dengan istilah dial gauge merupakan sebuah alat ukur dengan skala pengukuran yang sangat kecil. dalam menggunakan alat ukur ini tidak bisa berdiri sendiri, melainkan harus dipasangkan dengan alat bantu yang disebut magnetic base sebagai pemegang dial indikator dan berfungsi untuk mengatur posisi dari dial gauge seperti tinggi-rendahnya dan kemiringannya pada tempat atau permukaan benda yang akan diukur.

Dial indikator sendiri merupakan jenis alat ukur yang sangat akurat. Secara umum terdapat dua jenis dial indikator yakni dial gauge metric dalam skala mili meter dan dial gauge English dalam skala inch. Apapun jenisnya, secara umum fungsi dial indikator adalah sama yakni untuk mengukur kerataan permukaan bidang datar, mengukur kerataan permukaan dan kebulatan sebuah poros dan mengukur kerataan permukaan dinding Cylinder.

Penggunaan dial indikator sendiri tidak terbatas pada sector tertentu, melainkan meliputi semua sector, termasuk diantaranya adalah dalam pekerjaan permesinan. Dalam pekerjaan permesinan, biasanya dial indikator ini digunakan untuk mengukur kerataan permukaan bidang mesin tertentu untuk mendapatkan kerataan yang presisi. Selain itu dial indikator juga digunakan untuk mengukur kerataan pada permukaan dinding cylinder mesin. Fungsi dial indikator untuk pekerjaan mesin sendiri memang bervariasi tergantung dari penggunaan alat ukur itu sendiri. Seperti halnya pengukuran pada benda kerja lainnya, untuk pengukuran pada industry permesinan juga sangat dipengaruhi oleh keterampilan pengguna alat dan ketepatan dalam membaca hasil pengukuran. Yang tidak kalah penting adalah kualitas dari alat ukur dial indikator yang digunakan.

Sebagai salah satu alat ukur yang banyak dibutuhkan dan digunakan tentu saja bukan hal sulit untuk bisa menemukan dial indikator. Ya, saat ini memang ada banyak sekali toko jual dial indikator yang tidak hanya bisa Anda temukan di toko-toko konvensional saja, tetapi juga di toko Jual Alat Ukur online. untuk memperoleh hasil kerja yang maksimal dan fungsi dial indikator optimal, pastikan bahwa Anda hanya memilih jenis dial indikator yang terbaik.