Tachometer, Pengertian dan Cara Menggunakannya

Tachometer, Pengertian dan Cara Menggunakannya

 

1. Pengertian :

 

Tachometer adalah sebuah alat pengujian yang didesain untuk mengukur kecepatan rotasi dari sebuah objek.

 

2. Kegunaan/Fungsi :
Kegunaan tachometer atau juga dikenal dengan RPM digunakan untuk mengukur putaran mesin khususnya jumlah putaran yang dilakukan oleh sebuah poros dalam satu satuan waktu dan biasanya dipakai pada peralatan kendaraan bermotor.

 

3. Cara Menggunakan/Mengukur :
a. Tekan tombol “mode” pada jam tangan Anda hingga Anda berada dalam mode chronograph. Setelah itu, jarum detik pada jam Anda akan berhenti bergerak ketika mencapai jam 12.
b. Pilih titik penentu di mana Anda ingin memulai pengukuran kecepatan Anda. Untuk percobaan pertama Anda, gunakan penanda mil atau kecepatan saat mengemudi. Ketika Anda melewati tanda ini, tekan tombol set untuk memulai fungsi chronograph tersebut. Jarum detik akan melanjutkan searah jarum jam di sekitar wajah. Tekan tombol set lagi ketika Anda telah bepergian dengan batas yang Anda tetapkan.
c. Lihat jarum detik jam tangan Anda. Tentukan dimana posisinya menunjuk pada dial tachometer. Jumlah ini merupakan kecepatan di mana Anda bepergian dalam satuan per jam. Contohnya, jika Anda memerlukan waktu satu menit untuk mencapai jarak 1-2 km, kemungkinan akan mengarah ke angka 90, ini artinya Anda melaju dengan kecepatan 90 km per jam.
d. Mengukur benda yang bergerak lebih lambat dapat menyebabkan pembacaan dan penunujukkan tachometer secara terbagi. Contohnya, tidak mungkin pelari dapat melakukan perjalanan satu mil dalam satu menit. Sebaliknya, jam akan mencatat jumlah waktu yang ia perlukan untuk pergi dalam fraksi preset satu mil. Misal, mengukur seperdelapan dari satu mil, lalu membagi hasilnya pada tachometer (anggap saja, 60, jika ia menyelesaikan satu mil dalam satu menit) dibagi delapan. Anda akan mendapatkan hasil bahwa ia berjalan atau lari 7,5 menit / mil.
e. Lakukan hal yang sama untuk objek yang bergerak terlalu cepat pada tachometer, melainkan kali iniĀ  kalikan hasil Anda, tidak membaginya. Kenaikan terkecil yang dapat tercatat secara umum adalah 7,5 detik.

 

4. Tingkat Ketelitian :

Batas ukuran terkecil pada tachometer yaitu 0,01 1/min.

 

5. Cara Membaca Skala dan Hasil :
a. Ukur keliling tapak roda belakang (tidak masalah meskipun ban sudah aus atau ganti ukuran).
b. Posisikan pentil pada jam 6, beri tanda ke-1 di lantai/jalan, dorong sepedamotor hingga posisi pentil kembali ke posisi jam 6, beri tanda ke-2, ukur jarak antara tanda ke-1 dan ke-2; gunakan satuan cm setelah itu konversikan ke kilometer. contoh didapat jarak antara tanda ke-1 dan ke-2 (keliling roda) = 180 cm = 0,00180 Km.
c. Hitung Rasio Putaran Mesin dengan Putaran Roda Belakang / Total Reduction Ratio (karena putaran roda belakang tidak secepat putaran mesin).

 

6. Bagian-bagian :
Tachometer terdiri dari 3 bagian, yaitu sensor, pengolah data dan penampil.

 

7. Cara Kalibrasi :
Alat ini telah terkalibrasi secara otomatis.

 

8. Nama Lain :
Revolution counter (rev-counter), RPM gauge.

 

9. Jenis-jenis :
Tachometer Analog dan Tacho Meter Digital.

 

10. Cara Merawat :

  • Jangan menempatkan Tachometer di dalam medan magnet yang kuat.
  • Jika mengukur besaran listrik yang tidak diketahui mulailah dengan jangkauan yang terbesar.
  • Jangan menempatkan ditengah terik matahari.
  • Jangan menempatkannya ditempat yang bergetar.
  • Jangan dicuci dengan cairan pelarut.

 

11. Skala utama/Skala nonius :
Batas ukuran terkecil pada tachometer adalah 0,01 1/min.

 

Jika anda membutuhkan Tachometer Beli di tokootomotif(dot)com